BSB Cash, Bayar Biaya Uji KIR Kendaraan Pun Lebih Mudah

Sistem pembayaran non tunai pada uji KIR baru saja diterapkan sekitar tiga bulan ke belakang.

BSB Cash, Bayar Biaya Uji KIR Kendaraan Pun Lebih Mudah
Bangkaposwiki.com/Evan Saputra
Penguji KIR sedang menguji kendaraan di Kantor Disperkimhub Bangka Tengah. 

BANGKAPOSWIKI.COM, BANGKA - Sistem pembayaran non tunai pada uji KIR di Unit Penguji Kendaraan Bermotor UPTD Pengelola Teknis Perhubungan Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), baru saja diterapkan sekitar tiga bulan ke belakang.

Pembayaran non tunai ini menggunakan layanan dari Bank Sumsel Babel Cash (BSB) cash.

Kepala UPTD Pengelola Teknis Perhubungan Kabupaten Bateng Maman Suratman mengatakan, hal ini akan mempermudah proses pembayaran KIR.

"Dulu kan pembayarannya harus langsung datang ke bank, jadi prosesnya harus bolak-balik, daftar dulu ke kantor kita, lanjut lagi ke bank buat bayar biaya di bank, terus balik lagi ke kantor kita untuk melakukan pengujian kendaraan," ungkap Maman kepada Bangkapos.com.

Dengan BSB Cash pengguna jasa layanan KIR bisa melakukan semua transaksi di satu tempat, dengan pembayaran non tunai, dan penting diperhatikan saat ini pihak UPTD Pengelola Teknis Perhubungan Kabupaten Bateng sudah tidak lagi menerima pembayaran cash, sehingga mau tidak mau para pembaca Bangkapos.com yang ingin melakukan KIR bagi kendaraannya wajib membuat BSB Cash.

Nah kali ini Bangkaposwiki.com akan menjelaskan terkait proses pembuatan BSB Cash.

Maman mengatakan pembuatan BSB Cash sangat simpel, cukup datang ke Bank Sumsel Babel untuk mendapatkan kartu BSB Cash dan bisa langsung melakukan pengisian saldo maksimal Rp 1 juta.

Setelah saldo terisi, para pengguna jasa layanan KIR bisa langsung membawa kendaraannya untuk dilakukan proses pengujian, setelah sebelumnya menyelesaikan transaksi pembayaran di lokasi yang sama, cukup tinggal menggesek kartu BSB Cash tersebut ke mesin Electronic Data Capture (EDC) yang sudah disiapkan oleh pihak UPTD.

"Jadi tinggal bawa kartu BSB Cash, lakukan pembayaran di mesin EDC, dan selesai. Pengguna jasa pengujian KIR ga perlu lagi repot-repot seperti dulu," jelas Maman.

Ia juga menjelaskan jika pembayaran non tunai seperti ini, selain untuk memudahkan pengguna jasa, juga sesuai dengan arahan kementerian perhubungan, karena dengan pembayaran non tunai ini dapat menghindari tindakan pungli.

"Alhamdulillah setelah beberapa bulan berjalan masyarakat menyambut baik kehadiran BSB Cash ini, kadang masih ada yang tidak tahu, namun akan langsung kita bantu, kita berikan arahan untuk mengurus BSB Cash ini," kata Maman. (Bangkaposwiki.com/Muhammad Rizki)

Ikuti kami di
Editor: FITRIADI
Sumber: Bangka Pos
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved