Tips Pemberian Pakan Ikan Koi di Musim Hujan

Ternyata porsi pemberian pakan untuk ikan kesayangan kita berbeda loh pada saat musim kemarau dan pada saat musim penghujan.

Tips Pemberian Pakan Ikan Koi di Musim Hujan
Bangkaposwiki.com/Muhammad Rizki
Ikan koi yang sehat, sudah melewati proses karantina. 

BANGKAPOSWIKI.COM, BANGKA - Provinsi Bangka Belitung (Babel) sudah memasuki musim hujan beberapa minggu ke belakang.

Bagi pecinta ikan koi sudah tahu belum, ternyata porsi pemberian pakan untuk ikan kesayangan kita berbeda loh pada saat musim kemarau dan pada saat musim penghujan.

Kali ini Bangkaposwiki.com berkesempatan untuk memberikan tips bagi para pecinta koi bagaimana cara pemberian pakan yang baik dan benar di musim hujan.

//

Kali ini penjelasan tersebut akan diberikan oleh satu diantara pembudidaya dan peternak ikan koi di Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Asrul Roni.

Ikan koi yang sehat, yang sudah melewati proses karantina.
Ikan koi yang sehat, yang sudah melewati proses karantina. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Asrul mengatakan jika sebenarnya pemberian pakan untuk koi cukup bervariatif bisa dua kali sehari bahkan sampai enam kali dalam satu hari, namun pola yang terbaik dalam pemberian pakan koi adalah sedikit tapi sering.

Karena perlu diketahui jika ikan koi adalah ikan yang tidak memiliki lambung, sehingga jika diberikan pakan yang banyak dalam satu waktu, gelembung pelampung pada ikan koi bisa pecah, dan menyebabkan ikan koi mati.

"Jadi lebih baik kasih ikan makan itu sering tapi sedikit-sedikit dibandingkan banyak tapi jarang," ujar Asrul, baru-baru ini.

Nah jika memasuki musim hujan beda lagi ceritanya, ia menyarankan bagi penghobi koi yang memiliki kolam outdoor, filter yang tidak maksimal, kolam yang padat, atau tidak terlalu dalam, sebaiknya mengurangi jumlah asupan pakan pada ikan kesayangannya sampai dengan 50 persen.

Kolam outdoor milik Wendy owner Rumah Koi
Kolam outdoor milik Wendy owner Rumah Koi (Bangkaposwiki.com/Muhammad Rizki)

Hal ini dikarenakan pada saat musim hujan dan suhu cenderung turun, bakteri dan virus akan lebih mudah berkembang biak di kolam pada saat musim hujan dikarenakan suhu yang rendah.

sehingga jika diberikan pakan berlebih, kotoran ikan tersebut akan banyak dan membuat bakteri dan virus bermutasi lebih banyak lagi.

"Terlebih lagi biasanya di musim hujan kondisi ikan akan menurun, karena suhu yang berubah-berubah di waktu yang berdekatan akan membuat ikan menjadi stres, dan saat ikan stres bakteri dan virus akan lebih mudah menyerang ikan,"

Ia juga menjelaskan jika petani koi di Jepang akan mengurangi pakan koi sebanyak 50 persen saat musim hujan, dan jika memasuki musim dingin makan pakan akan kembali dikurangi, bahkan ikan bisa diberi makan hanya tiga hari sekali.

Oleh karena itulah ia menyerankan jika pada saat musim penghujan, koi sebaiknya diberikan makanan yang berkualitas baik, sehingga meskipun porsi makannya dikurangi namun bisa tetap mencukupi protein dan kebutuhan gizi ikan.

Selain itu air hujan yang bersifat asam akan masuk ke kolam dalam jumlah yang besar, dan hal ini dapat merubah kualitas PH air kolam.

Karenanya ia menyarankan setidaknya kolam ditutupi menggunakan paranet yang dipasang miring sehingga air hujan jatuh ke luar kolam, dan terakhir agar lebih sering membersihkan filter, agar kesehatan ikan bisa lebih terjaga. (Bangkapos/Muhammad Rizki)

//
Penulis: Muhammad Rizki
Ikuti kami di
Editor: FITRIADI
Sumber: Bangka Pos
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved