Kelurahan Kacang Pedang Kota Pangkalpinang, Namanya Berasal dari Kacang Berbentuk Pedang

Kelurahan Kacang Pedang, satu dari kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Editor: FITRIADI
Bangkaposwiki.com / Sela Agustika
Kantor Kelurahan Kacang Pedang yang beralamat di Jl. Letkol Saleh Ode, Bukit Merapin, Kecamatan Gerunggang, Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung. 

BANGKAPOSWIKI.COM,BANGKA - Kelurahan Kacang Pedang, satu dari kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kantornya berada di Jl. Letkol Saleh Ode, Bukit Merapin,Gerunggang, Pangkalpinang.

Jajanan Pagi di Kota Pangkalpinang, Cocok Untuk Sarapan

Secara umum Kelurahan Kacang Pedang memiliki luas wilayah yaitu 188,42 ha yang terdiri atas 3 Rukun Warga (RW) dan 10 Rukun Tetangga (RT) dengan batas-batas wilayah, sebelah utara Kelurahan Bukit Merapi, sebelah selatan Kelurahan Kejaksaan, sebelah timur Kelurahan Bukit sari dan sebelah barat Desa Kace Timur.

Total Jumlah penduduk di Kelurahan Kacang Pedang 7.832 dengan jumlah penduduk laki-laki yaitu 3.968 dan penduduk perempuan 3.864.

Secara struktur organisasi, Kelurahan Selindung terdiri atas Lurah, Sekretaris, Kasi Pemerintah, Kasi Pembangunan dan Kasi Kemasyarakatan yang terdiri atas staf.

Struktur organisasi Kelurahan Kacang Pedang
Struktur organisasi Kelurahan Kacang Pedang ( Bangkaposwiki.com / Sela Agustika)

Sedangkan rata-rata pendidikan warga di Kelurahan Kacang Pedang yaitu SLTP, SLTA, Sarjana, Diploma, SD, TK, S2 dan S3.

Lalu mata pencaharian pokok warganya meliputi karyawan perusahan swasta, wiraswasta, guru, pegawai negeri, pengusaha dan lainnya.

Berdasarkan agama yang dianut, mayoritas penduduk Kelurahan Selindung beragama Islam, diikuti Kristen Protestan, Katolik dan Hindu.

Profil Kelurahan Pintu Air, Tertua di Kota Pangkalpinang, Diambil dari Nama Bendungan

Visi dari kelurahan ini adalah unggul dalam pelayanan menuju Kacang Pedang SEHAT (Sejahtera, Elok, Hijau, Aman dan Indah).

Misi dari kelurahan ini yaitu:

1. Meningkatkan kualitas aparatur kelurahan yang cepat tanggap, keterbukaan dan tanggung jawab.
2. Meningkatkan pemberdayaan organisasi kemasyarakatan dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.
3. Meningkatkan kekeluargaan dan kegotongroyongan
4. Meningkatkan sarana dan prasarana kelurahan
5. Meningkatkan ketenteraman dan ketertiban masyarakat.

Sejarah Dinamai Kacang Pedang

Sejarah nama Kacang Pedang yang dijadikan nama kelurahan ini diambil dari nama tumbuhan kacang-kacangan yang berbentuk seperti pedang yang banyak tumbuh di rumah masyarakat.

Prestasi terbaru kelurahan ini adalah peringkat ke-3 nasional lomba kelompok asuhan mandiri kesehatan tradisional melalui pemanfaatan Toga melalu Akupresur.

Lurah Kacang Pedang Andika Saputra mengatakan, kelurahan ini mulai semakin maju.

"seperti dulunya kelurahan kita ini sangat sering terlibat kasus narkoba, tetapi Alhamdulillah sampai sekrang tidak pernah lagi terjadi karena di sini kita sudah menonaktifkan rumah singgah," ungkapnya.

Kelurahan Gedung Nasional Kota Pangkalpinang - Profil Wilayah, Jumlah Penduduk dan Program Unggulan

Lurah Kacang Pedang Andika Saputra
Lurah Kacang Pedang, Andika Saputra ( Bangkaposwiki.com / Sela Agustika)

Adapun potensi yang sedang dikembangkan di kelurahan ini, seperti Inisiasi swadaya pembuatan taman wisata bermain yang sebelumnya dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah liar.

"InsyaAllah program ini menjadi potensi yang ada di kelurahan kita dan akan terealisasi, lokasinya tidak jauh dari Jembatan 12," ujar Andika kepada Bangkaposwiki.com, Jumat (14/2/2020).

Kelurahan Keramat Kota Pangkalpinang, Bermula dari 2 Warga Meninggal Dikeramatkan

Selain itu, pada kelurahan ini juga terdapat kompos pemilhan sampah baik organik dan nonorganik, serta adanya program yang berbasis ketenagakerjaan.

"Program berbasis ketenagakerjaan ini agar dapat memberikan informasi terkait tentang pekerjaan bisa didapat melaui kantor lurah langsung," ungkap Andika.

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR
91 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved