Tips Belanja Online di Tengah Pembatasan Penerbangan Karena Pandemi Covid-19

Masyarakat tetap bisa berbelanja secara online meskipun saat ini pembatasan jalur penerbangan sudah mulai dibatasi.

Editor: FITRIADI
Bangkaposwiki.com/Andini Dwi Hasanah
Aktivitas di Kantor Pos Indonesia Cabang Pangkalpinang 

BANGKAPOSWIKI.COM, BANGKA - Belanja online di tengah pandemi Covid-19 saat ini bisa jadi alternatif untuk menghindari keramaian.

Masyarakat tetap bisa berbelanja secara online meskipun saat ini angkutan penerbangan sudah mulai dibatasi.

Kepala Kantor Pos Indonesia cabang Pangkalpinang Azmat Nuzul Pasa menyarankan masyarakat  berbelanja secara online meski akses angkutan barang menggunakan pesawat saat ini dibatasi.

Pasca pemberlakuan pembatasan penerbangan Jumat (24/4/2020) lalu, ekspedisi di Provinsi Bangka Belitung sudah beralih ke jalur laut, sementara jalur penerbangan hanya bisa satu minggu sekali.

 "Mentaati anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah, kini masyarakat mulai mengubah kebiasaannya dengan berbelanja online, semua kebutuhan juga sudah tersedia di toko online, oleh sebabnya belanja online menjadi pilihan terbaik di tengah pandemi virus corona ini," ungkap Azmat kepada Bangkaposwiki.com, Kamis (30/04/2020).

Selain itu, menurutnya, belanja online tidak repot menggunakan uang tunai untuk membayarnya, sehingga lebih aman bertransaksi ditengah pandemi Covid-19.

Namun, ketika butuh cepat tapi penerbangan dibatasi operasionalnya, berikut ini tips belanja online dari Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Pangkalpinang Azmat Nuzul Pasa, yang perlu kalian ketahui di tengah keterbatasan penerbangan:

1. Estimasikan waktu pengiriman, karena akan sampai lebih lama dari biasanya.

Misal, kondisi normal barang akan kita terima 1-2 hari, untuk saat ini akan lebih lama menjadi 3-4 hari.

2. Hindari membeli makanan basah/ yang cepat basi.

Lebih baik membeli makanan kering karena bersifat tahan lama. Rugi dong kalau kita membeli tapi akhirnya tidak bisa kita konsumsi karena terlalu lama di perjalanan.

3. Lihat kembali kondisi geografis kita dengan daerah asal penjual.

Misal kita di pulau bangka lalu kita membeli online yang berasal dari jakarta pasti akan lebih lama estimasi waktunya. Karena melewati jalur darat dan penyebrangan laut. Berbeda jika kita di Palembang, barang yang kita beli dari Lampung pasti akan lebih cepat karena satu daratan.

4. Pilih ekspedisi pengiriman yang mengakomodir kebutuhan kamu.

Tiap ekspedisi pasti punya fitur dan keunggulan masing-masing. Sesuaikan saja dengan kebutuhan kita, misal butuh murah agak lama gak papa, atau mahal tapi cepat. 

5. Menerima paket tanpa melakukan kontak. 

Minta petugas paket untuk meletakkan paket di depan rumah saja atau di depan pintu. Social distancing atau menjaga jarak antar orang sangat perlu dilakukan, kita juga tidak melakukan kontak dengan petugas paket. Tentu cara ini demi menjaga keamanan petugas paket dan diri sendiri.

(Bangkaposwiki.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR
115 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved