Profil Kelurahan Temberan Pangkalpinang, Jadi Kampung Tegep Mandiri Karena Tanggap Cegah Covid-19

Kelurahan Temberan menjadi contoh sebagai desa yang cepat tanggap untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Bangka Belitung.

Editor: FITRIADI
Bangkaposwiki.com/Sela Agustika
Kantor Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukitintan, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (Bangkaposwiki.com/Sela Agustika) 

BANGKAPOSWIKI.COM, BANGKA -- Kelurahan Temberan ditetapkan sebagai Kampung Tegep Mandiri di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kampung Tegep Mandiri menjadi contoh sebagai desa yang cepat tanggap untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Bangka Belitung.

Wilayah kelurahan ini berada di Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang Kepulauan Bangka Belitung.

Kelurahan Temberan merupakan kelurahan pecahan dari kelurahan induk, Airitam. Sekarang Kelurahan Airitam dipecah menjadi tiga kelurahan, yakni Airitam, Temberan dan Sinarbulan.

Visi dan Misi dari Kelurahan Temberan menyamakan langkah satukan tujuan dan bulatkan tekad menuju "Temberan Idaman" (terdepan memberikan pelayanan serta indah, damai, aman dan nyaman).

Batas wilayah kelurahan sebelah utara Sungai Batu Rusa, sebelah selatan Kelurahan Air Itam dan Kelurahan Sinar Bulan, sebelah barat Kelurahan Air Mawar dan Kelurahan Bacang dan sebelah timur Laut Cina Selatan.

Kelurahan Masjid Jamik Kota Pangkalpinang, Banjir Masih Jadi Permasalahan

Pemerintah Kelurahan Temberan ini terdiri dari 2 Rukun Warga (RW) dan 7 Rukun Tetangga (RT) dengan total jumlah penduduk yaitu 4.683, yang terdiri dari 2.276 perempuan dan 2.407 laki-laki dengan total kepala keluarga (KK) yaitu 1.261.

Mata pencahatian pokok warga Kelurahan Temberan yaitu buruh harian, pedagang, pegawai negeri sipil (PNS), wiraswasta, nelayan, dokter, TNI, Polri, dan lainnya.

Mayoritas penduduk Kelurahan Temberan beragama Islam, Kristen, Hindu dan Konghucu.

Secara struktur organisasi Kelurahan Temberan terdiri atas Lurah, sekretaris lurah, Seksi Tata pemerintah dan Trantibun, seksi kemasyarakatan dan pelayanan umum, staf/pelaksanaan.

Kelurahan Batu Intan Kota Pangkalpinang, Mobil Pink Solusi Atasi Masalah Sampah

Lurah Temberan, Iswansyah mengatakan kekompakan lembaga dan Warga kelurahan Temberan ini sangat aktif dalam mendukung semua program kelurahan.

"Baik itu PKK, Karang Taruna dan masyarakat sekitar semuanya super aktif dalam mendukung program kemajuan kelurahan," jelas Iswansyah kepada Bangkaposwiki.com, Rabu (9/7/2020).

Kelurahan Temberan juga memiliki beberapa program unggulan, diantarnya Progam Maspelin (masyarakat peduli lingkungan), Temberan Tersenyum, dan Anjeli (antar jemput akte kematian dan kelahiran).

Profil Kelurahan Pintu Air, Tertua di Kota Pangkalpinang, Diambil dari Nama Bendungan

Selama pandemi Covid-19 pihaknya tetap menjalankan tugas dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Untuk aktivitas selama pandemi lancar dan kita juga menerapkan protokol kesehatan seperti menyediakan cuci tangan, wajib menggunakan masker, jaga jarak dan lainnya," ujarnya.

Adapun beberapa prestasi terbaru yang diraih Kelurahan Temberan

1. Juara 1 kelurahan se Babel 2019
2. Harapan 4 Seregional 2019.
3. Ditetapkan Sebagai Kampung Tegap Mandiri

( Bangkaposwiki.com / Sela Agustika )

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR
123 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Albertus SetyoNugroho
2022-01-12 09:51:29
mantap

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved